Senin, 06 September 2010

# DAY 1 : Do You Believe In Myth??

DAY 1 Do You Believe In Myth??

Well,, ga kerasa udah 1 semester semenjak kelulusan gw dari penatnya masa kuliah, dan masih ketebak hari ini status jomblo masih melekat di diri gw. enam bulan juga gw udah ga menjamah ini blog, rasa malas dan ga mau bergerak mengurungkan niat gw buat sekedar menulis dan numpahin rasa uneg-uneg gw.

Akhirnya sampai pada suatu masa gw liat di twitter salah satu personel Homogenic kalo ada tantangan buat #30harimenulis, simple namun ide yang cemerlang dari penggagasnya. Ini bikin gw semangat lagi buat menulis di blog gw ini.

Kali ini gw mau berbagi hal yang kecil namun secara gak langsung udah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Ya hal itu bernama mitos, suatu hal yang menurut beberapa orang bisa dipercaya namun sebagian lain berpendapat berbeda.

Mitos atau mite (myth) yang gw kutip dari Wikipedia adalah cerita prosa rakyat yang tokohnya para dewa atau mahkluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain pada masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita.

Buat gw yang hidup dan besar di keluarga yg berasal dari Jawa khususnya Solo kadang2 mitos itu jadi makanan empuk buat nakut-nakutin gw pas masih kecil. Contoh kecilnya adalah saat gw makan buah jeruk, orang tua gw selalu berpesan ‘dek,bijinya jangan ditelen ntar bisa numbuh pohon jeruk loh di kepala kamu..” Ok , mungkin bagi gw yang masih kecil dulu bakalan langsung percaya tentang hal itu, tapi semakin gede gw semakin berpikir,”buset, mana bisa jeruk tumbuh di kepala, kalo emang bisa ntar kalo gw punya anak mending suruh makan aja biji buah-buahan, jd kan kalo mau bikin jus gampang tinggal petik dari rambut anak gw.hehe”. contoh mitos kecil kayak gitu yang memang tumbuh tanpa disadari di lingkungan kita.

Dari beberapa mitos yang ada banyak banget yang sebetulnya diluar nalar dan logika kita, tapi karena udah di doktrin supaya percaya maka mungkin kita hanya bisa menerima nya pasrah. Mitos juga menjangkiti semua kehidupan mulai dari hal-hal sepele hingga masalah cinta. Oke coba gw kasih contoh mitos yang sering muncul di sekitar kita :p

1. Mitos pertama adalah masuknya kupu-kupu kedalam rumah, berarti akan kedatangan tamu di rumah kita. Mungkin terdengar aneh karena kupu-kupu hewan yang identik dengan keindahan dan kecantikan dimitoskan sebagai tamu. Yang gw tahu tanpa adanya kupu-kupu pun rumah kita sering didatangi orang baik yang udah kita kenal seperti teman atau saudara, ataupun tamu asing seperti Pak RT, petugas PLN, penagih utang dsb. Bahkan kalau dipikir dengan logika, petugas penagih hutang tak mungkin berpenampilan cantik dan anggun seperti kupu-kupu.hehe..

2. Berkaitan dengan keuangan mitos pun merasukinya, mungkin kita pernah dengar adanya mitos kalau kita pakai celana terbalik secara tidak sengaja maka akan mendapat rejeki. Terdengar absurd memang, tapi inilah yang dipercaya sebagian orang, walaupun belom ada survey yang menunjukkan adanya bukti bahwa “pemakai celana terbalik berbanding lurus dengan rejeki”.

3. Buat para wanita mungkin pernah dengar mitos kalau duduk atau makan jangan dekat pintu nanti akan sulit jodoh. Buat gw mungkin itu terdengar gak masuk akal, tapi banyak temen gw yang masih mempercayainya. Jodoh mungkin ga bakal datang kalau kita ga berusaha mencari dan terus berdiri atau duduk didepan pintu rumah, mungkin itu penjelasan paling mendekati dari mitos ini.

4. Mitos selanjutnya masih tentang wanita dan ini termasuk paling aneh. Gw pernah denger dari temen gw kalo dia dikasih tahu sm nyokapnya supaya menyapu yang bersih agar ntar pas dapet suami engga yang brewokan atau jenggotan. Wadefak, menyapu dan calon suami gw bilang bukan merupakan korelasi yang cocok untuk dimitoskan,hehe. Dan apa salahnya pula punya suami yg brewokan atau jenggotan, gw pikir jaman sekarang banyak para cowok yang sengaja memelihara kumis dan jenggot agar terlihat gagah. Kasian ntar cowok-cowok model suaminya mona ratuliu atau syekh puji misalnya ga akan dapat istri.

5. Mitos yang gak kalah oke tentang percintaan adalah “jangan ajak pasangan kita ke kebun raya Bogor, ntar bisa putus”. Dan yang gw liat adalah fakta nya berbanding terbalik, setiap gw lewat tuh Kebun Raya, di jalan-jalan hamper bisa dipastikan yang berkunjung kesana adalah pasangan muda-mudi yang sedang dimabuk asmara. Dan lagipula banyak juga pasangan yang akan menikah memilih Kebun Raya Bogor sebagai tempat foto pre wedding mereka.

6. Contoh mitos paling sering adalah kuping kita berdengung berarti sedang ada yg ngmgin kita. Ini salah satu mitos yang semua orang pernah ngalamin walaupun gw sendiri antara percaya dan gak percaya tentang mitos ini.hehe

7. Contoh mitos lain adalah soal tidur, banyak orang yang bilang kalo kita bangun tidak pagi hari maka rejeki kita akan dimakan ayam. Kalau memang benar seperti ini, mungkin yang paling menyesal adalah mereka para pekerja di malam hari seperti wartawan atau polisi. Bisa- kalau dapat shift malam terus gak bakal dapat rejeki yang banyak karena sudah didahului oleh ayam.

8. Dan contoh mitos yang paling absurd menurut gw adalah mitos tentang menahan buang air besar. Katanya kalo kita ingin menahan buang air besar mka memegang batu kerikil di tangan kanan adalah solusi paling tepat. Dan memang menurut sebagian besar orang yang pernah mengalaminya, mitos ini berhasil membuat mereka tahan buang air besar sampai waktu dan tempat yang ditentukan tiba.

Masih banyak mungkin mitos diluar sana yang belom bisa gw tulis disini and trust me sebagian mitos itu unik-unik dan membuat kita geleng-geleng kepala sendiri bila mendengarnya.hehe.

Hari ini gw ada di Solo, mendahului mudik orang-orang Jakarta yang lain, mendahului kemacetan, kebisingan, kesemerawutan yang ada di kota metropolis itu. Semoga aja suasana di sini bisa memberi banyak pencerahan dan ketenangan di pikiran gw, walaupun buat sejenak.

Dan lagu Marcell yang “Firasat’ nemenin gw nutup tulisan ini… :)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

assalamualaikum..
punten mau numpang komentar..hehe..
tapi komen apaan ya..
hmmm..

mitos#1
tentang cewe yang jangan suka duduk deket pintu..ya itu si menurut gw cuma supaya gak ngalangin orang lewat aja..hehe

mitos#2
cewe klo makan musti abis dan bersih,.kalo gak ntar suaminya nya brewokan..aha,,gw si oke2 aja klo cowo gw nanti brewokan,,:)

mitos#3
katanya ya kalo telapak tangan kiri kita gatel,tandanya mau dapet duit..ya percaya atau gak si,,tapi gak gatel pun,gw tetep dapet duit aja..hahay

mitos#4
ini nih mitos yang suka bikin parno!!jangan foto bertiga!!apalagi ditengah!!nanti mati!!!jiaaah ada ada aja..namanya mati mah udah ditentuin dari atas,.mau kita foto bertiga ke atau berenam ke..wallahualam..

oiyaaa mitos terakhir yang katanya jangan ajak pacar kita ke kebunraya nanti putus..ya kalo itu si percaya apa gk ya,,soalnya gw sama mantan gw pernah ke kebunraya pas masih jadian,,trus sebulan kemudian putus,,hihihi,,,tau deh mitos apa gak tuu..

okeeee sarjana akud,,,
sekian tentang mitos2..
selamat menuliiiis....

Unknown mengatakan...

gw paling seneng sama mitos#7

orang klo kebanyakan tidur nanti rezekinya dmakan ayam,,menurut gw selama masi ayam ga masalah,,kan mulut ayam kecil,,kecuali klo dimakan gajah,mulutnya gede banget,,baru gw keder,,so klo yang sering kebanyakan tidur,,ga usah takut sama mitos ini,,klo perlu banyakin tidur,,


untuk mitos #8

gw pernah punya pengalaman megang batu pas sakit perut,emang bener berhenti sakitnya,tapi pas keluar malah keras kayak batu,sekarang terserah lo mo coba buktiin ini mitos apa bukan..best regard

setoplescerita mengatakan...

widih.. udah bnyak aja yang komen :)
ada penambahan nih dari gue. katanya kalo malem ato tengah malem ada ayam jago berkokok.. tandanya ada janda atau anak gadis hamil tanpa suami.
(rajin banget yak itu ayam nyanyi2 aka berkokok gitu)

Posting Komentar