Rabu, 08 September 2010

#DAY 3 : Hujan Hari Ini


#DAY 3 : Hujan Hari Ini

Hujan hari ini udh beda sama hujan2 yang gw rasain pas gw msh kecil…

Hujan hari ini lebih lebat daripada hujan yang sering gw rasain pas gw masih kecil…

Hujan hari ini gak bisa ditebak kapan datangnya, beda dari yang gw liat jaman di Dunia Dalam Berita dulu setiap malam…

Entah udah beberapa tahun ini hujan datang setiap bulannya dan menutup pentingnya pelajaran pas gw msh SD bahwa hujan dating setiap musim Oktober sampai April dan dinamain angin muson barat, dan sebaliknya angin muson timur yang dating pada April sampai Oktober menyebabkan musim kemarau. Tapi semua itu dulu saat bumi belom berubah menjadi semakin tua dan panas seperti sekarang. Teriknya matahari di siang hari bisa berubah menjadi angin kencang dan hujan deras dalam waktu yang singkat.

Bulan Agustus, yang identik dengan cuaca sedang panas-panasnya sekarang hanya tinggal kenangan. Lomba-lomba di kampung untuk memeriahkan 17an yang mengandalkan cuaca yang cerah belakangan ini harus gigit jari akibat labilnya hujan. Mungkin hari ini kita di Indonesia sudah tidak mempunyai 2 musim, karena keduanya sudah rancu bercampur antara hujan dan panas tiap harinya.

Gw selalu gak suka akan datangnya hujan, karena menurut gw hujan tuh bikin banyak orang jadi susah. Mau pergi susah, mau dirumah takut dtgnya banjir, dan yang pasti kemacetan yang terjadi di hampir setiap titik Ibukota.

Hujan katanya identik dengan keromantisan, oke gw setuju kalau hujannya sebentar dan hanya gerimis, tapi hujan hari ini semakin tidak bersahabat. Karena gak akan jadi romantis kalau hujan yang datang mengakibatkan kendaraan kita mogok atau terjebak kemacetan dijalan atau membuat pakaian yang sudah kita rencanakan menjadi basah kuyub.

Hari ini mungkin tak ada yang menyangka bahwa cuaca akan menjadi seekstrim ini. Dan konon semua ini disebabkan oleh manusia yang tidak peduli pada bumi tempat tinggalnya. Gw sendiri jujur belom bisa jadi manusia bersih dan selalu peduli dengan lingkungan, tapi gw sadar dan selalu berusaha buat hal itu. Gak perlu untuk hal-hal yang besar, tapi hal kecil kayak membuang sampah di tong samapah atau menggunakan plastic daur ulang merupakan hal yang simple dan dapat gw lakuin sehari-hari.

Yah, semoga bumi bisa balik kayak dulu, saat dimana cuaca masih bersahabat, dan semua pelajaran IPA gw di SD gak sia-sia. Walaupun gw tau ini harapan yang susah buat diwujudkan. Dan Efek Rumah Kaca pun nemenin gw bikin tulisan ini….

“Aku selalu suka sehabis hujan di bulan Desember…di bulan Desember..”

(Efek Rumah Kaca – Desember)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar